Sabun Berbentuk Kucing


"Mama, nanti temenin Dita ke minimarket ya," pinta saya pada mama sepulang sekolah 13 tahun yang lalu. Tepatnya saat saya kelas 4 SD.

"Mau beli apa sayang?"

"Sabun batang ma."

"Lho, sabunnya kan masih."

"Yang masih utuh, mama."

"Ada kok. Coba cari di lemari deket kamar mandi. Untuk apa sih?"

"Bukan yang kayak gitu. Pokoknya nanti ikut dulu ke minimarket. Nanti Dita ceritain."

 ***

"Cari yang kayak gimana sih sayang?" tanya mama saat melihat saya meneliti setiap merek sabun di rak minimarket.

"Yang keras ma. Aduh Dita lupa tadi pak guru nyuruh beli yang merek apa," jawab saya yang terus memperhatikan deretan sabun-sabun di rak. Terkadang menekan sekuat tenaga agar tahu apakah sabun tersebut cukup keras atau tidak. Untung saja tidak ada pegawai minimarket yang memperhatikan.

"Pak guru?"

Saya mengangguk. "Pak guru nyuruh kita bikin sesuatu dari sabun ma. Nah kata pak guru, sabunnya harus yang keras, biar gampang dibentuk."

"Lho? Kamu mau ngapain itu?" Mama menegur saat saya sedang berusaha membuka kemasan salah satu merek sabun.

"Biar bisa pegang isinya ma. Kemasannya begini sih. Kan jadi gk bisa dipencet kayak yang lain." Kemasan sabun itu terbuat dari karton. Bukan plastik seperti sabun-sabun lain, sehingga isinya tidak dapat ditekan dari luar kemasan.

"Nah! Bener nih! Kalo diinget-inget kayaknya memang ini mereknya. Pulang yuk ma." Ternyata sabun yang sudah saya buka kemasannya itu memang adalah sabun yang sedang saya cari. 

Sampai di rumah, saya langsung mencari papa. Beliaulah yang selama ini membantu saya mengerjakan tugas sekolah khususnya prakarya. Kreatifitasnya yang tidak pernah habis membuat saya kagum... dan bergantung.

"Papa, sabun ini enaknya dibikin bentuk apa ya?"

"Coba kamu lihat-lihat gambar-gambar di majalah atau buku, nanti pasti ketemu idenya."

Saat ini saya sendiri sudah lupa akhirnya menemukan sebuah gambar kucing dimana. Setelah menunjukkan gambar itu pada papa, beliau membuatkan sketsa kucing di selembar kertas.

"Gambarnya dulu ya sayang, mulai membentuk sabunnya besok. Papa cari pisau dulu yang pas. Kan kasian kalau pakai pisau mama. Kamu mau makan sayur rasa sabun mandi?"

Benar kata papa, tidak mungkin saya menggunakan pisau dapur milik mama. Itu kan untuk memotong-motong sayuran dan bahan masakan yang lain. Lagipula, ukurannya pasti besar. Mana bisa untuk mengukir sabun.

Esoknya, sepulang kerja, papa membawakan saya sebuah pisau bergagang stainless kuat dengan mata pisau kecil di ujungnya. Mata pisau itu bisa digonta-ganti. Papa juga membawakan beberapa jenis mata pisaunya.

Papa dengan telaten mengukir sabun menggunakan pisau tersebut. Masih berupa goresan kasar. Tetapi sudah tercetak bentuk kucing dengan jelas di sabun, mirip sekali dengan gambar yang papa buat sehari sebelumnya. Saya memperhatikan di dekatnya sambil terus tersenyum. Bentuk sabunnya lucu!

"Nah! Ini seterusnya kamu yang kerjain sendiri ya. Masa papa semua."

Ah! Jika dingat-ingat, proses membuat ukiran demi ukiran di atas sabun benar-benar menyenangkan. Apalagi pisau yang saya miliki berhasil membuat iri teman-teman sekelas yang rata-rata menggunakan cutter biasa untuk mengukir sabun mereka. Ya! Seminggu kemudian, pak guru menyuruh kami membawa sabun dan seluruh peralatannya ke sekolah untuk memperlihatkan prosesnya, lalu sabun itu akan dinilai. Saat itulah teman-teman melihat pisau unik saya.

Sabun buatan saya mendapatkan nilai bagus dari pak guru. Mungkin karena bentuknya yang unik. Apalagi dilengkapi dengan kotak buatan papa. 

Sampai saat ini, sabun tersebut masih saya simpan di kamar. Penuh debu di sana sini. Aroma sabun juga tak lagi wangi. Tetapi bentuknya masih terlihat jelas. Kucing dengan senyum menyeringai.

#CeritaDariKamar - Day 31

4 komentar

Ahahaha.. keren, berjiwa seni papanya :D

AsyShahid_AM
[skatersklk.blogspot.com]

Reply

iya. jadinya gk bingung kalau tiap kali ada tugas prakarya harus minta tolong siapa. pokoknya terima beres hihihi.

Reply

kreatif banget. jiwa seninya tinggi.

emang udah berapa lama disimpan?

Reply

hehehe makasiih :)
kalau diitung-itung, berarti udah 15 tahun.

Reply

Post a Comment

Heiho! Salam kenal.
Kritik di sini boleh lho. Saran malah lebih boleh lagi. Asal jangan SARA ya.
Terima kasih :D