Sebuah Agenda Sarat Makna


Benda ketiga di kamar yang mendapat giliran untuk saya ceritakan adalah sebuah buku yang berisi catatan-catatan saya. Buku diary? Bukan! Saya bukan tipikal orang yang suka menulis keseharian saya atau kegalauan hati di sebuah buku yang biasa disebut diary.

Buku ini lebih berisi tentang informasi yang baru saya tahu, ide yang melintas di kepala, atau catatan kecil hasil diskusi bersama dosen pembimbing tugas akhir (lagi-lagi menyangkut profesi saya sebagai pejuang TA). 

Saya sadari saya ini memiliki kelemahan. Daya ingat saya cukup pendek. Informasi yang hari ini saya tahu, mungkin besok sudah saya lupakan. Bahkan pernah informasi yang baru beberapa jam saya dapat, begitu saja hilang dari ingatan (sini yang mau curhat, saya pemegang rahasia paling ampuh nih, karena cepet lupa). Jadi saya butuh sesuatu untuk pengingat. Dan buku ini lumayan menjadi jawaban. 

Apapun yang saya rasa penting, entah itu kejadian yang ada di depan mata, sesuatu yang baru saya dengar, apalagi ide tulisan yang melintas begitu saja di kepala pasti langsung saya tuangkan dalam buku ini. Dan akan saya baca-baca nanti saat sedang ada waktu luang atau ketika sedang mencari bahan tulisan.

Sebenarnya kebiasaan menuliskan hal-hal dengan detail sudah terlihat sejak saya SD sampai kuliah. Saya selalu menuliskan catatan pelajaran secara detail. Jadi tidak heran kalau catatan saya lebih komplet dibandingkan teman-teman sekelas. 

Di saat teman-teman mendengarkan penjelasan guru/dosen sambil bersantai kayak di pantai, saya malah sibuk mencatat. Sampai-sampai diledek terlalu rajin dan sebagainya (tetep aja mereka menggilir buku catatan saya untuk disalin ketika ujian hampir dekat). Karena saya tidak pelit, baik hati, dan rajin menabung (oke yang terakhir nggak ada hubungannya), maka saya biarkan catatan saya untuk dikonsumsi teman sekelas. Saya justru bangga. Ternyata saya berguna. 

Sekian cerita saya tentang buku ini. Buku agenda sederhana yang menyimpan setumpuk informasi  berharga.


#CeritaDariKamar - Day 3

Post a Comment

Heiho! Salam kenal.
Kritik di sini boleh lho. Saran malah lebih boleh lagi. Asal jangan SARA ya.
Terima kasih :D