Sosok Gagah di Kamarku

Seorang pria dengan badan tegak, gagah, dan pemberani, beberapa bulan ini mendiami kamar saya. Sosoknya yang tegas selalu membuat saya terpesona. Kebanggaan muncul dari hati ini karena memilikinya.

Setiap saya bercermin, mata pria ini menatap saya. Seolah mengingatkan saya untuk selalu menjadi manusia yang berjiwa besar dan berani bertanggungjawab terhadap apa yang telah saya perbuat; selalu menyelesaikan apa yang sudah saya mulai; dan selalu berbuat baik untuk semua orang, tanpa kecuali.

Bagaimana, tampan kan?
Sosok ini hadir dalam foto-fotonya yang saya letakkan di depan cermin kamar. Foto yang diambil saat beliau masih tergabung dalam Angkatan Laut Republik Indonesia ini, beliau sendiri yang menemukannya ketika sedang membersihkan kamar. Dengan semangat, beliau membawanya ke studio foto untuk dicetak ulang dan diberi pigura, lalu dipasang di ruang tamu rumah. Nah! Jadilah foto yang tak berpigura ini berpindah ke kamar saya.
Ingin tahukah kalian siapa beliau? 
Beliau adalah kakek saya. Ayah dari mama saya. Satu-satunya kakek yang masih bisa saya pandangi lekat-lekat, saya cium pipinya, saya gandeng lengannya, dan saya dengarkan nasehat-nasehatnya. 

Sepeninggal nenek yang mendahului kami menghadap Tuhan Yang Maha Esa, beliau terlihat seperti kehilangan semangatnya. Tatapannya tak setajam dulu. Langkahnya tak semantap dulu. Tetapi kerendahan hati dan kebaikannya masih seperti dulu. Seolah tak lekang oleh waktu.

Kami memanggilnya mbahkung...
We always love you, mbahkung Sudarman.

foto diambil lebaran 2013

#CeritaDariKamar - Day 16

Post a Comment

Heiho! Salam kenal.
Kritik di sini boleh lho. Saran malah lebih boleh lagi. Asal jangan SARA ya.
Terima kasih :D