6 Karakter Temen yang Jadi Pelanggan Bisnis Pulsa

(background source: here)

Aku punya bisnis kecil-kecilan, yaitu berjualan pulsa. Bisnis ini udah aku jalani bertahun-tahun, sejak masih duduk di bangku SMK, sampai sekarang, lulus kuliah. Nah, bisa dihitung tuh berapa tahun :D

Bisa ditebak kan, siapa pelanggannya? Rata-rata ya temen-temen sendiri. Temen satu kelas, temen beda kelas, sampe temennya temen. 

Nah, punya pelanggan temen sendiri itu susah-susah gampang. Gampang karena aku nggak perlu bingung siapa yang mau beli pulsaku. Tapi kadaaaaang... susah nagihnya.Tahu sendiri kan cara jualan pulsa ke temen itu gimana? SMS/BBM dulu buat minta pulsa, terus bayarnya belakangan.

Sekarang aku mau jabarin karakter-karakter temen yang jadi pelanggan pulsaku. Cekidot!

1. Temen Baik

Paling enak punya pelanggan yang begini. Mereka paling cepet bayar pulsanya. Misalnya malem mereka minta kiriman pulsa, paginya begitu ketemu langsung bayar. Atau saat weekend mereka minta kiriman pulsa, saat masuk sekolah/kuliah mereka langsung minta total yang harus dibayar dan bayar SEMUANYA.

Cara mengatasi:
Nah, buat temen yang kayak gini, aku selalu berusaha kasih pelayanan terbaik: begitu mereka minta kiriman pulsa, langsung aku kirim secepatnya. Kalau telat dikit, langsung ngerasa nggak enak sama mereka. 
Dan saat mereka minta keringanan (mundur bayar pulsanya) karena alesan tertentu, barulah aku bisa maklum. Karena mereka nggak sering melakukannya dan pasti alesannya bener-bener jujur. Sayangnya, nggak banyak temen yang begini.

2. Tukang Kabur

Kalau ada kesempatan ketemu, entah gimana caranya mereka selalu lebih cepet kabur dari pandangan. Semacam punya jurus menghilang yang ampuh banget. 

Cara mengatasi: 
Harus pasang kuda-kuda kalau berhadapan sama temen macem ini. Sebelum bel pulang sekolah atau jam kelar kuliah usai, aku harus siap-siap. Begitu TET, langsung bergerak secepat kilat buat mencegat langkahnya keluar kelas. Itu kalau sekelas ya. Kalau beda kelas ya siap-siap lari aja buat ngejar dia kalau pas batang idungnya keliatan dikit. Atau saat ngejar itu, teriakin aja, "bayar pulsa dong!" di depan temen-temen yang lain. Kalau udah gini, temen-temen lain suka ikut ceng-in. Kalau malu, juga akhirnya dia bayar.

3. Tukang Ngeles

Temen yang begini nih calon pengarang kayaknya. Adaaaa aja alesannya buat nunda bayar pulsa. Yang dompet ketinggalan lah, belum ambil duit di ATM lah, lagi banyak kebutuhan yang nggak bisa ditunda lah, ada kebutuhan mendadak lah, dan sebagainya dan sebagainya nggak habis-habis. Tipikal kayak gini, mereka berani buat ketemu, karena mereka siap dengan alesannya. Suka kesel lagi kalau mereka yang banyak alesan ini itu, eh ke sekolah/ke kampus pake barang-barang baru. Lah, masa' beli baju/sepatu/hape baru aja bisa, tapi bayar pulsa yang nggak seberapa aja nggak bisa sih?

Cara mengatasi:
Suruh dia janji kapan bisa bayar. Kalau udah hari H dan dia belum bayar juga, aku jadi ngerasa berhak buat ngejar terus. Atau kalau dia punya barang-barang baru, becandain aja tentang barang-barang barunya. Berharapnya sih dia malu ya, terus bayar deh.

4. Tukang Janji-Janji

Udah macem caleg aja ya, kebanyakan janji. "Aku bayar besok ya" atau "Aku bayar tanggal 5 ya". Tapi saat waktunya bayar, dia jadi tukang kabur atau tukang ngeles. Padahal yang nentuin hari kan ya dia-dia sendiri. Ckckckck *geleng-geleng kepala*

Cara mengatasi:
Teror terus! Tagih janjinya.

5. Tukang Minta Pengertian

"Aku lagi krisis keuangan nih, tolong ngertiin ya." Lah, kalau minta pengertian ke pacar aja. Aku cuma penjual pulsa biasa. Masa' iya aku harus ngasih pengertian ke semua temen yang kayak begini. Trus kapan aku yang dingertiin? *drama*

Cara mengatasi: 
Sekali-sekali minta pengertian juga. Lah bener kan? Kalau aku ngertiin dia mulu, modalku nggak balik dong? Bisnis pulsanya jadi seret karena duitnya nggak bisa muter.

6. Belagak Lupa

Suka kasian sama temen yang model begini. Masih muda tapi udah lupa banyak hal. Biasanya yang tipe begini, awalnya adalah tukang kabur/tukang ngeles. Sampe aku capek sendiri nagihnya, terus aku diemin lama. Eh, bukannya sadar, malah belagak lupa kalau punya utang. Saking lamanya ditunda-tunda sih.

Cara mengatasi:
Nah, untuk temen model begini (pada dasarnya yang model begini mudah diprediksi, karena biasanya nggak cuma sekali kayak gitu), aku selalu sigap capture-in SMS/BBM dia saat minta pulsa atau saat dia janjiin kapan mau bayar. Saat penyakit lupanya kambuh, tinggal tunjukin aja capture-an itu.
Selain itu, pada dasarnya aku kan punya buku catatan. Isinya lengkap. Mulai dari jam dikirimnya pulsa itu, nomer hape dia, sampe serial numbernya. Setelah temen-temen bayar, aku kasih tanda centang, kadang tanggal bayarnya aku cantumin juga. Semua itu aku anggep barang bukti. Dia yang suka belagak lupa, nggak bisa ngeles lagi. Tapi ada juga sih yang malah muter balikin, misal: "Aku udah bayar waktu itu, waktu bla bla bla. Mungkin kamu yang lupa." Lah?

***

Ya, kira-kira begitulah karakter temen yang jadi pelanggan pulsaku. Nano-nano. 

Bisnis pulsa itu kan paling untungnya berapa sih? Nggak sampe seribu buat sekali kirim. Jadi, sebagai temen yang baik, janganlah tega-tega amat. *muka melas*
Ada yang punya bisnis pulsa jugakah? Atau punya bisnis lain yang di antara pelanggannya adalah temen sendiri? Kira-kira gitu juga nggak karakternya? Mungkin bisa share di comment box?

2 komentar

Hahaha itu pelanggan pulsa apa calon anggota dewan? Banyak janji janji, tapi jarang ditepati haha kalo aku sih tipe nomer 1 B)

Reply

Post a Comment

Heiho! Salam kenal.
Kritik di sini boleh lho. Saran malah lebih boleh lagi. Asal jangan SARA ya.
Terima kasih :D