Review: Sukses Membangun Toko Online


Judul : Sukses Membangun Toko Online
Penulis : Carolina Ratri
Editor : Herlina P. Dewi
Penerbit : Stiletto Book
Cetakan : Pertama, Juli 2014
Tebal : 211 halaman
ISBN : 978-602-7572-29-4

Di era internet seperti sekarang ini, siapa sih yang nggak tahu onlineshop? Dan siapa pula yang melewatkan kesempatan untuk ikut berbisnis onlineshop?

Berbondong-bondong orang menjajal peruntungan mereka dengan membuka onlineshop. Menjual berbagai macam produk dengan cara promosi yang beraneka ragam pula. Ada yang berhasil, hingga omset per bulannya mencapai jutaan atau bahkan puluhan juta rupiah. Ada juga yang kurang berhasil, boro-boro pembeli, bahkan pengunjung yang sudi mampir pun bisa dihitung jari. 

Nah, aku termasuk yang kurang berhasil itu. Aku pernah mencoba membuka onlineshop pakaian-pakaian cewek. Jujur saat itu karena tergiur dengan sebuah onlineshop serupa yang laris manis bak jualan kacang rebus. Saat itu sosmed yang sedang in masih facebook.

Berbekal modal yang tak seberapa, aku bersama dua teman membuka sebuah onlineshop. Kami hunting pakaian ke toko-toko baju grosir. Memilih pakaian mana saja yang kira-kira bakal laku terjual. Kemudian menentukan nama brand dan mengatur promosi. Rupanya membuka bisnis mulai dari nol itu susyaaaahnya minta ampun. Terlebih kami harus menyejajarkan tiga kepala yang masing-masing memiliki selera dan ide yang berbeda, sehingga sering berbenturan. Alhasil, onlineshop tersebut bubar jalan. Produk yang tersisa kami jual murah untuk menghabiskan stok saja.

Tidak kapok sampai di situ, aku kembali mencoba. Kali ini menjadi reseller sebuah produk sepatu homemade yang berpusat di Bandung. Mengapa reseller? Karena aku tidak perlu mengeluarkan banyak modal seperti sebelumnya, juga tidak perlu berpanas-panasan di luar untuk hunting dagangan. Cukup dengan koneksi internet yang bagus.

Awalnya lancar-lancar saja. Pembeli pun lumayan lah. Tetapi lama kelamaan, produsen mulai tidak konsisten. Mulai dari produksi yang melebihi tenggat waktu yang dijanjikan, kesalahan pembuatan, sampai owner yang sulit dihubungi. Berhubung aku yang menjadi reseller, otomatis aku yang kena semprot langsung dari customer. Akhirnya setelah customer terakhir mendapatkan pesanannya, aku memutuskan berhenti saja daripada lelah hati.

Kemudian aku menemukan buku "Sukses Membangun Toko Online" di toko buku. Isinya menarik dan berhasil menyentilku untuk kembali membangun sebuah onlineshop. 

Carolina Ratri, penulisnya, menjelaskan apa itu onlineshop dan persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah onlineshop sebagai pembuka buku ini. Seperti seorang ibu yang dengan sabar menuntun anak balitanya belajar jalan, penulisnya benar-benar memandu pembaca mulai dari awal.

Selayaknya sebuah showroom, produk-produk dari onlineshop juga sudah seharusnya ditata sedemikian rupa. Nah di sini, penulisnya memberikan panduan bagaimana melakukan manajemen konten (Bab III). Coba bayangkan, jika kita memasuki sebuah toko yang lebih pantas disebut gudang karena produk yang dijual berantakan dan tumpang tindih tidak karuan, pasti kita akan memilih untuk ke luar dan tidak jadi melihat-lihat, bukan? Tidak peduli sebagus apapun kualitas produk yang ditawarkan.

Toko online juga harus cantik. Gunanya tentu saja untuk menarik pengunjung. Sebagai bocoran, selain tip mempercantik toko online yang mudah dipraktekkan, buku ini juga memberikan referensi website penyedia template gratis. Lumayan kan. (Bab IV)

Toko sudah cantik, produk sudah tertata rapi, selanjutnya adalah bagian terpenting dari membangun toko online. Hayo apaaa? Yak! PROMOSI!

Bukan hanya menyebutkan sosmed apa saja yang bisa digunakan sebagai media promosi (itu mah sejuta orang Indonesia juga tahu ya), penulisnya juga memberikan tip-tip menjalankan promosi yang maksimal. Juga bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Tambahan lagi, disebutkan referensi fasilitas auto posting yang bisa membantu kita tetap terlihat aktif tanpa harus duduk 24 jam di depan laptop. (Bab V)

Masih ada ulasan lain yang tak kalah pentingnya, yaitu mengenai analisis pengunjung web, bagaimana mendapatkan pelanggan, referensi toko online yang terbilang sukses, serta bagaimana melakukan manajemen keuangan yang baik. Paket komplet.

Belajar dari buku ini, aku jadi tahu kekuranganku dulu, yang bikin onlineshop-ku mandek. Bahwa aku tidak punya keberanian untuk memulainya sendiri. Aku hanya cari gampangnya saja dan tidak mau ambil risiko. Aku juga belajar bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan customer.

Jangan memikirkan yang rumit-rumit dulu ya. Anda harus mulai mencoba sekarang setelah selesai membaca buku ini. Masalah memang akan selalu tampak rumit, namun ketika kita sudah mendapatkan jalan, kadang kita tersadar kalau ternyata solusinya begitu sederhana. -- hal 199
Bagaimana? Sudah tertarik membuka toko online?

Nb: warna-warni sampulnya sangat eye catching. Memudahkanmu menemukannya di antara jajaran buku non fiksi lain di toko buku. 

http://www.redcarra.com/sukses-membangun-toko-online-book-review-contest/

2 komentar

Makasih ya Dit, udah ikutan :)))

Reply

Sama-sama Mbak Ra :*
Sukses ya buat bukunya :)

Reply

Post a Comment

Heiho! Salam kenal.
Kritik di sini boleh lho. Saran malah lebih boleh lagi. Asal jangan SARA ya.
Terima kasih :D