Cerita Seputar Sidang TA

Whooooosah!
Inilah hari pertama bersantai di rumah setelah 2 minggu disibukkan dengan urusan sidang Tugas Akhir (TA) dan pendaftaran wisuda yang menyita seluruh tenaga, pikiran, dan tentu saja isi dompet.

Mumpung lagi nggak kemana-mana, berkunjung ke blog yang udah lama ditinggal penghuninya boleh juga nih. Sekedar cerita aja seputar sidang TA seminggu yang lalu. 

Sidang TA menjadi moment yang paling mendebarkan, tetapi paling ditunggu oleh seluruh pejuang TA. Karena pada saat itulah puncak perjuangan masa perkuliahan. Di situlah Tugas Akhir dipertanggungjawabkan. 

Sebenarnya, sebelum sidang TA itu sendiri, pendaftaran sidang juga tidak kalah mendebarkannya. Lebih tepatnya saat mendengarkan Ketua Program Studi (Prodi) mengumumkan siapa yang akan menjadi dosen penguji saat sidang kita nanti. Kalau dapetnya dosen yang terkenal super killer.... Ya selamat aja! Kalau aku, dapetnya dosen yang terkenal super detail dengan sorot mata yang tajam. Waktu Ketua Prodi kasih nama itu sebagai dosen penguji, badan langsung lemes. Keluar ruangan langsung heboh membayangkan bagaimana nasibku saat sidang nanti.

Sehari sebelum Tugas Akhir itu akhirnya dicetak dan dijilid rapi, aku sudah tidak bisa tidur. Semalaman menghadap laptop, mengecek TA-ku berulang kali, siapa tahu masih ada kata-kata yang typo atau konsep yang kurang lengkap.

Ini baru tahap mau mencetak TA untuk sidang. Menunggu hari H rasanya bener-bener nggak tenang. Bukan karena takut ketahuan kalo itu bukan murni hasil buatanku, karena jangan salah! Seratus persen aku bikin sendiri. Dengan penuh perjuangan tentunya. 

Perjuangan yang kayak gimana? Jadi sering begadang karena ngejar deadline; nungguin dosen berjam-jam kalau mau konsultasi, itu juga kalau nggak ditolak; jadi penghuni perpustakaan, karena hampir tiap hari ke sana; nggak punya banyak waktu buat hobiku yaitu baca novel, karena harus baca buku-buku teori untuk penunjang TA; musti bolak-balik Ungaran-Kudus naik motor, karena emang penelitianku di Kudus; dan duit selalu abis buat ngeprint, apalagi kalau revisinya berkali-kali ya jadi ngeprint berkali-kali; masih banyak perjuangan lain yang nggak bisa disebutin satu-satu.

Dan akhirnya hari H datang juga. Aku sampai di kampus pukul 09.30 WIB, 2,5 jam lebih awal dari jadwal sidangku, pukul 12.00 WIB. Tujuannya, supaya tidak tergesa-gesa di jalan dan tidak dalam keadaan panik sampai di kampus. Masih sempet istirahat dan baca-baca rangkuman TA yang aku buat sehari sebelumnya.

Ternyata sidangku dipercepat setengah jam. Tarik napas panjang - keluarkan - tarik lagi - keluarkan lagi. Begitu terus sampai dosen pembimbing dan dosen penguji masuk ke ruangan yang sama di tempatku menunggu, yaitu di ruang sidang.

Begitu dosen pembimbing membuka sidang, grogiku hilang. Ketika dosen penguji memberikan pertanyaan-pertanyaan, aku bisa menjawab dengan tenang. Dan ketika dosen pembimbing menyuruhku menunggu di luar sembari mereka mendiskusikan keputusan untukku, saat itulah jantung berdebar-debar lagi. Tetapi saat dosen pembimbing memanggilku masuk kembali dan tersenyum mengatakan "Anda dinyatakan lulus", huaaaah! Berasa jantung turun ke perut, lega banget! Keluar dari ruangan, senyum mengembang walau membawa revisi yang sangat banyak, hadiah dari dosen penguji yang super detail.

foto selesai sidang

Perjuangan belum selesai sampai di situ sebenernya. Masih ada proses revisi yang hanya diberi waktu seminggu, tetapi tidak benar-benar bisa seminggu, karena pendaftaran wisuda sangat mepet. Jadilah hariku seperti dikejar waktu. 24 jam sehari berasa kurang banget. 

Sekarang, aku sudah bisa bernapas lega karena semuanya sudah selesai. Tinggal menunggu hari H wisuda.

Terima kasih buat dosen pembimbing tercinta yang walaupun kadang jutek, kadang cuek, tapi selalu bisa kasih bimbingan yang bermanfaat banget.

Kayaknya segitu dulu ceritanya. Semoga bermanfaat untuk kalian yang belum sidang, jadi bisa membayangkan bagaimana nantinya ^^

makasih buat semua yg nungguin sidangku

21 komentar

hallo, di Semarang juga ya? wah samaa! aku di Undip. Mbaknya dimana?

Reply

Wah, semarangnya mana? Kalau aku di ungaran...
Aku juga di Undip. Tapi alumni. Udah lulus, hehe. Kamu di jurusan apa?

Reply

hehe iya mbak, aku baca sidang TA nya mbak nih. Aku maba.__. teknik pwk.
Mbaknya jurusan apa? ohiya aku disini ngekost, mbak :D

Reply

wah masih maba. masih unyuk nih hahaha.
lah, adekku juga PWK. tapi tahun 2013.
aku jurusan humas. FISIP dek.
ngekos? bukan asli semarang ya?

Reply

hahaha unyu gmn to mbak-.-
waah, adek mbak seniorku dong? :)
lulusan tahun berapa mbak?
iyaa, aku pendatang hehe._.

Reply

iya, masih unyu. dibandingkan aku yg sudah tua ini. #halah
mungkin kamu pernah ketemu adekku, tapi gk ngeh aja. namanya dea.
aku lulus tahun kemaren dek. kamu aslinya mana?

Reply

ngga tua2 amat kok mbak hihi
ntar aku cari-cari deh kak dea nya :)
anyway, aku seneng bgt loh mbak bs ketemu keluarga undip lewat blog :D

mbaknya sekarang kerja? aku dari Jambi :)

Reply

hahaha silakan ubek-ubek PWK, biar nemuin dea :D
aku juga seneng kok kenal kamu.
eng... sekarang aku masih mencari dan terus mencari pekerjaan yg lebih mapan. gitu deh pokoknya :D

Reply

itu adik kandungnya ya? hehe..iyaa deh :)
semangat ya mbak!! pasti bisaa kok.
ohiya, udah lama ya hobi nulis, mbak?

Reply

iya adek kandung. :D
makasih yaaaa *ciyum*
kalau hobi nulis mah udah lama. tapi untuk diseriusin belajar dan latihan terus baru setahun ini. kamu sejak kapan?

Reply

hehee nanti kalo udah ketemu, tak bilang deh :)
iyaa mbak *peluk* ^.^

waah sama dong! aku udah lama hobi nulis, mbak. bedanya ga pernah di seriusin wkwk
ohiya, mbaknya udah perna bikin novel atau apa gitu?

Reply

sip lah! kabarin aja dek kalo udah ketemu hehe.
kamu ikut komunitas nulis itu termasuk nyeriusin lho. mumpung masih muda, hobi apa yang bisa diseriusin, sok aja dek :)
aw! novel sih belum, doain ya bisa segera...
kalo cerpen, udah ada beberapa yg masuk di buku antologi terbitan NulisBuku. Beraninya masih keroyokan hahaha.

Reply

iya mbak, ntar dikabarin deh kak dea nya hobi nulis juga nggak? kali aja kan bisa share gitu mbak hehe

iyaya? aku suka aja gabung komunitas gitu, soalnya ngerasa "dihargai" aja mbak hihi xD

haa! keren tau kalo udah ada yg diterbitiin, tandanya udah bs dibilang penulis
aku mau dong mbak baca.
amiin! semoga lancar projectnya ya!!
ohiya, mbak, follback blog aku dong hehe :)

Reply

Dea mah gk suka nulis sama sekali. hobi kita berdua beda jauh, hehe.

coba buka nulisbuku.com dek. trus search buku: LOL, Yang Bisa Terjadi Ketika Jarak Memisahkan, sama Antologi Rindu. order bukunya ya :)

siap! aku follback yah.

Reply

yaah, gbs share dong kalo ketemu, mbak hehe...

iya ntar aku liat ya mbaak, waduh, nasib anak kosan>,< wkwk

makasih ya mbak follbacknya!! *peluk*

Reply

he'em, baca aja dia gk suka hahaha. apalagi nulis.

hahaha nabung dulu dek kalo mau beli :D
sama-sama^^

Reply

Hallo mbak! long time no talk nih :)

Reply

Hahaha iya ya. Enakan ngobrol di twitter dek. Follow aja @didotanindita :D
Kita bisa berkicau suka-suka di sana ^^

Reply

Halo aku juga kuliah di fisip, jurusan admin perkantoran

Reply

Waaah, salam kenal ya. Angkatan berapa?

Reply

share apa aja dong mba, yang di sampein mba nya pas sidang..

Reply

Post a Comment

Heiho! Salam kenal.
Kritik di sini boleh lho. Saran malah lebih boleh lagi. Asal jangan SARA ya.
Terima kasih :D